Selasa, 25 September 2012

Rumah Tingkat Untuk Tipe 45






Renovasi Rumah – rumah merupakan tempat tinggal dan tempat berkumpulnya keluarga, tak hayal seiring berjalannya waktu perbaikan dan renovasi rumah pun kerap kali dilakukan guna memenuhi kebutuhan sang penghuni rumah, mulai dari membuat kamar baru misalnya, menganti interior,  pembuatan sekat ruangan baru ataupun sekedar menganti cat.

Tuk rumah dgn type 45 menjadi salah satu ukuran rumah yg paling sering digunakan. Sang pemilik kerap kali merasa kesulitan dalam mer renovasi rumah minimalis type 45 , berikut ini beberapa pilihan tuk renovasi rumah minimalis type 45 yg kami kutip dari dirumahsaja.com / atau link di (dirumahsaja.com/desain-renovasi-rumah-mungil-type-45-minimalis-modern.html) :

Kali ini renovasi rumah type 45 dgn 2 lantai, dimana lantai pertama hanya terdiri dari Kamar tidur utama ini berada dibagian rumah dan dilengkapi dgn kamar mandi didalam dan sebuah lemari tanam (wardrobe) disamping kamar mandi. Dan beriku adalah denah atau Layout tuk lantai 1



Tuk ruang tengah rumah didesain tuk sebuah taman (courtyard) berukuran 1,5 m x 2,5 m. memang tidak dalam ukuran yg besar, namun cukup tuk tempat santai keluarga
Adapun tuk ruang keluarga dan ruang makan dibuat menyatu tanpa sekat, dan diletakkan dibagian tengah rumah berhadapan dgn taman mungil (courtyard).

Sebuah ruang tangga sebagai akses tuk menuju lantai 2 ditempatkan disebelah kiri bangunan rumah. Tuk memanfaatkan ruang semaksimal dan seefisien mungkin, maka kamar mandi/toilet berukuran mungil 2,0 m x 1,5 m diletakkan dibawah ruang tangga.

Untuk renovasi rumah minimalis type 45 pada Lantai 2
Pada lantai dua  ini memiliki tiga buah kamar tidur. 1 buah kamar tidur dibagian belakang dilengkapi dgn kamar mandi didalam.



Tuk Ruang tengah ruangan terdapat sebuah voide. Voide ini mengarah ke courtyard dilantai 1. Dgn voide ini diharapkan sirkulasi udara dilantai 1 dan 2 akan terjaga baik. Disekitar voide diletakkan pantry mungil, cukup berguna jika living area dilantai 2 dimanfaatkan sebagai study room atau ruang belajar anak-anak.

Anda juga bisa merencanakan adanya free space yg bisa dimanfaatkan sebagai living room dilantai 2 atau bisa juga dimanfaatkan sebagai tempat bersantai, atau dimanfaatkan sebagai ruang belajar atau computer station bagi anak-anak.

Pada bagian depan ruangan, terdapat 2 (dua) buah kamar tidur . Bisa dimanfaatkan oleh anak-anak dan keluarga yg kebetulan tinggal bersama.
Lantai 2 1/2 (Upper Floor)



Dibagian paling atas tuk renovasi rumah minimalis type 45 (Lantai 2 1/2) ini dapat dijadikan area cuci dan jemuran. Pada upper floor ini juga banyak area bebas (free space) yg bisa dimanfaatkan tuk taman atap (roof garden), pergola atau mungkin gazebo.

Info Terkait:

Jumat, 21 September 2012

Seputar Konsep Rumah Minimalis

Maket Rumah Minimalis - Rumah minimalis saat ini menjadi pilihan banyak orang dalam membuat rumah, rumah minimalis di bangun dengan gaya yang minim, atau dengan gaya yang diminimalkan bisa juga karena keterbatasan uang, namun menjadi sangat menarik karena dengan keterbatasan uang kita masih dapat mengikuti mode trend rumah minimalis terbaru.




Desain  dan  gaya rumah minimalis, merupakan  kekuatan utama dalam membangun rumah minimalis modern. Berikut beberapa unsur penting dalam membuat rumah minimalis :

Memilih  bahan yang tepat dapat mengentalkan konsep minimalis yang ingin dihadirkan. Furniture kaca misalnya yang dipadu dengan aluminium atau besi tempa termasuk jenis furniture yang banyak digunakan. Selain bentuknya yang simpel, perawatannya pun relatif mudah dilakukan.

Rumah minimalis mensyaratkan hemat bahan tanpa mengurangi kualitas bangunan, bentuk bangunan geometris, garis-garis bidang lurus tegas, terlihat kaku, dan titik-titik pertemuan menyudut. Rumah tampil dengan bentuk seperti kotak dengan atap miring segi tiga tegak lurus.

Model bangunan proporsional, di mana pembagian bidang lantai, dinding, dan atap terlihat seimbang. Rumah minim ornamen, terutama profil ukir- ukiran. Bentuk kusen dan daun jendela dan pintu segi empat yang membuat penampilan rumah terlihat tegas.

Pengaturan harus ruang sangat efisien, fungsional, dan jelas hierarkinya. Penghuni maupun tamu dapat mudah mengenali fungsi-fungsi ruang. Penempatan jendela, pintu, dan skylight bertujuan memasukkan cahaya dan udara secara tepat dan optimal pada seluruh ruangan sehingga pemakaian lampu dan alat pengondisi udara, terutama di pagi dan siang hari, dapat ditekan seminimal mungkin. Kelebihan rumah minimalis, rumah diarahkan menjadi rumah ramah lingkungan yang tengah menjadi trend di seluruh dunia.

Untuk yang memiliki lahan terbatas, ruang digunakan multifungsi. Penggabungan fungsi-fungsi ruang, seperti teras dan ruang tamu, ruang tamu dan ruang keluarga, ruang keluarga, ruang makan dan dapur, teras belakang, ruang makan dan ruang belajar, merupakan konsekuensi dari perubahan dari gaya hidup masyarakat urban. Rutinitas kerja yang menyita waktu di luar rumah membuat fungsi ruang-ruang dimanfaatkan secara optimal, tidak ada ruang mati.

Pemakaian bahan sangat efisien, praktis, ringan tapi kokoh, dan berteknologi tinggi. Beton ekspos polos atau bertekstur pada dinding rumah, jendela kaca lebar sedikit atau bahkan tanpa sambungan. Dinding kaca yang dikombinasikan dengan air membuat tirai dinding air yang cantik, dan mendinginkan ruangan. Dinding seperti ini juga tengah menjadi tren di mana- mana. Rangka bangunan dari beton hingga baja. Atap mulai dari genteng tanah liat, sirap, hingga pelat baja. Bentuk tangga melayang dari pelat dan tali baja, beton ringan, hingga tangga lipat yang dapat disimpan ke atap.



Pilihan bahan kayu polos tanpa ornamen, hanya dipelitur atau dicat, tetap banyak digunakan untuk kusen dan daun pintu dan jendela. Kusen dari aluminium yang tahan lama juga sudah banyak digunakan. Pagar rumah juga dirancang memperkuat kesan minimalis dari beton bertekstur, tembok daun sirih (potongan batu kali disusun bertingkat), hingga pagar tanaman yang memperlembut kekakuan bangunan.

Permainan warna sangat penting. Dominasi warna hitam, putih, dan abu-abu merupakan ciri khas bangunan dan perabotan utama. Suasana rumah terkesan dingin dan berat. Untuk menyeimbangkannya, warna rumah dipadu-padankan warna-warna lain sebagai aksen (kontras), seperti warna merah, kuning, oranye (cerah) dan coklat, biru, hijau (lembut). Warna-warna kontras juga digunakan sebagai aksen untuk menonjolkan bentuk bangunan dengan lingkungan sekitar.

Perabotan rumah sebaiknya mengikuti bentuk dasar geometris bangunan, sehingga kursi, sofa, meja, lemari, dan dipan berbentuk segi empat polos, tanpa ornamen profil ukiran. Kursi, meja, dan lemari yang penuh ukiran pun terasa menjadi tidak nyaman. Perabotan sofa dari kulit dan metal dengan warna gelap serta meja kaca segi empat menghiasi ruang tamu dan ruang keluarga. Secara keseluruhan, ruangan diisi dengan perabotan yang sangat efisien dan fungsional saja.

Jaringan utilitas dan sanitasi juga ditata secara cermat. Penempatan disesuaikan dengan prioritas kebutuhan dan mudah pemeliharaannya. Permainan tata cahaya lampu sangat artistik, baik lampu sorot, lampu tanam, maupun lampu gantung dengan bentuk-bentuk geometris. Kamar mandi dilengkapi sanitari yang kompak pula.

Seindah apa pun rumah dibangun, rumah tetap merupakan bangunan mati. Untuk itu, rumah membutuhkan “roh” agar tercipta kehidupan. Kehadiran penghuni rumah dengan segala aktivitasnya dan pembuatan taman-taman rumah akan memberikan roh kehidupan rumah yang dinamis. Penempatan pot-pot tanaman teduh yang diatur cermat di sudut-sudut rumah dari teras depan hingga pojok teras belakang dan dilengkapi kolam ikan akan membuat rumah terasa hidup.

Rumah minimalis modern yang kompak, trendi, dan praktis tetap akan menjadi pilihan favorit. Kreativitas dan inovatif dengan cita rasa seni tinggi dari para arsitek serta didukung perkembangan teknologi canggih membuat rumah minimalis akan terus berkembang dengan segala terobosan baru. Bagi kalangan yang mencintai berbagai hal yang modern dan futuristik, terutama kaum eksekutif muda yang masih lajang atau keluarga muda yang dinamis, rumah minimalis modern dan  sederhana  tetap akan menjadi pilihan favorit mereka karena rumah minimalis telah menjadi simbol baru masyarakat urban.

Info Terkait: Maket Arsitek

Rabu, 19 September 2012

Contoh Bangunan “Green Roof” Minimalis





Taman Minimalis – Kehadiran taman untuk sebuah rumah menjadikannya terlihat lebih segar dan alami, tak heran meskipun memliki lahan rumah yang terbatas, banyak dari pemilik rumah yang tetap mengalokasikan lahan kosong untuk dijadikan sebagai taman minimalis.

Taman minimlis bisa dibuat didepan, samping, di dalam bahkan di atas rumah itu sendiri. Untuk lokasi atap rumah, gedung-gedung bertingkat atau green roof yang kini populer di kota-kota besar, yang memang ketersedian lahan semakin terbatas dan terlebih lagi kebanyakan dari mereka memiliki rumah yang beratap beton.

Green Roof atau taman minimalis yang berlokasi di atap rumah juga berfungsi sebagai filter udara yang membuat udara lebih bersih dan sebagai informasi, 1 meter persegi rumput di bagian atap dapat menghilangkan sekitar 0,2 kg partikel udara yang kotor setiap tahunnya.

Berikut ini beberapa contoh taman minimalis yang berada diatap (green roof)

















Info Terkait:

Contoh Desain Arsitektur "Rumah Bumi" Karya Nobuhiro Tsukada






Arsitek Rumah – Arsitektur rumah sekarang ini sangat lah beragam, ada yang mengusung tema minimalis, tema klasik, tepa artdeco, futuristic dan masih banyak lainnya. Salah satunya adalah arsitektur rumah yang berada di Negeri sakura yang kami kutip dari inhabitat.com, dimana sang arsitek rumah menggabungkan seni arsitektur dengan lingkungan setempat.

Sang arsitek rumah bernama Nobuhiro Tsukada membangun rumah ini dengan mengelilingi sebidang tanah yang dibentuk seperti corong. Tinggi tanah ini dibuat sedemikian rupa hingga setara dengan atap rumah atau mencapai 4,3 meter.

Sang arsitek rumah mendesain halaman dan taman di atap yang bisa ditanam tumbuhan. Dia pun merancang suatu area yang menggabungkan manfaat dari kedua pilihan.



Sang arsitek rumah Tsukada membuat dua beton melengkung menusuk di antara tanah yang subur, dan menghalau sinar matahari ke kamar yang ada di bawahnya.

Karena halaman tengah terhubung langsung ke tanah, pemilik rumah tidak akan mengalami masalah dalam membuang air limpasan. Beton corong di atap rumah akan mengumpulkan air hujan, yang akan mengalir ke bawah dan dijamin tidak akan terbuang.










Info Terkait:


Inilah Maket Proyek Stasiun MRT Jakarta

Maket Stasiun MRT - Pemerintah DKI Jakarta akan membangun mass rapid transit (MRT), salah satu moda transportasi massal untuk mengatasi kemacetan. Saat ini, proyek MRT tengah memasuki tender fisik.



Pembangunan MRT merupakan salah satu proyek prestisius transportasi yang akan meliputi 13 stasiun perhentian, dengan nilai investasi sekitar Rp11 triliun. Tujuh stasiun berada di permukaan tanah yakni Lebak Bulus, Fatmawati, Cipete Raya, H. Nawi, Blok A, Blok M, dan Sisingamangaraja.

Seperti diketahui, MRT Jakarta ini terdiri dari Koridor Selatan – Utara yaitu Lebak Bulus - Kampung Bandan dan Koridor Timur – Barat yang masih dikaji pembangunannya. Untuk koridor Selatan-Utara, pembangunannya dilakukan dalam dua tahap.


http://1.bp.blogspot.com/_MhJ4DbySLZM/TAny23byImI/AAAAAAAACvA/EVvTFAzKbtk/s1600/MRT_jakarta.jpg

Tahap pertama yang membentang sepanjang 15,7 kilometer akan menghubungkan Lebak Bulus - Bundaran HI dengan 13 stasiun yang terdiri dari tujuh stasiun layang dan enam stasiun bawah tanah. Pengoperasiannya ditargetkan sekitar akhir 2016.

Sedangkan tahap kedua akan melanjutkan jalur Selatan-Utara dari Bundaran HI -Kampung Bandan sepanjang 8,1 kilometer yang ditargetkan beroperasi 2018.

Berikut beberapa gambar maket stasiun mrt jakarta





Diambil dari berbagai sumber.

Info Terkait: Maket Pelabuhan


Selasa, 18 September 2012

Software Pendukung Desain Grafis Vektor


Desain Grafis – tuk kita yg telah berkecimpung dalam dunia grafis mungkin telah familier akan desain grafis vektor, namun tidak tuk orang awam. Istilah desain grafis vektor masih terasa asing ditelinga, namun secara umum pembagian desain grafis dikatagorikan menjadi dua bagian atau ranah besar yaitu desain berbasis vektor (vektor based design) dan desain berbasis bitmap (bitmap based design).

Mengapa musti ada pembedaan semacam ini? Mungkin Anda bertanya demikian. Well, alasannya adalah, karena memang software desain yg ada menggunakan sistem yg berbeda berdasarkan dua kategori di atas.

Desain grafis berbasis vektor menggunakan perhitungan matematis dalam menentukan dan menampilkan obyek-obyek penyusun sebuah desain. Perhitungan matematis ini ini meliputi berbagai parameter penyusun suatu obyek, seperti posisi koordinat, tebal tipisnya garis luar (outline), warna isi (fill) obyek dan berbagai parameter lain. Sehingga tuk melakukan pengeditan terdapat obyek desain berbasis vektor sama artinya dgn mengedit parameter penyusunnya.

Sebagai akibatnya, desain berbasis vektor memiliki keunggulan di mana Anda bisa mengubah bentuk, ukuran dan pelbagai parameter lainnya secara bebas tanpa khawatir akan terjadi penurunan kualitas tampilan maupun kualitas cetaknya. Anda akan dapat tampilan yg senantiasa tajam, jelas dan bagus pada obyek desain berbasis vektor. Sifat desain vektor yg senantiasa terlihat tajam ini disebut dgn resolution independent (resolusi bebas).

Desain grafis Vektor lebih cocok tuk menjadikan obyek desain berbetuk geometris, seperti kotak, lingkaran, elips dan poligon. Akan relatif sulit tuk membuat desain dgn tekstur kompleksi seperti pada foto menggunakan model vektor ini.

Oleh karenanya, desain grafis vektor lebih banyak dipakai tuk membuat desain-desain yg menekankan pada soliditas bentuk dan warna, serta fleksibilitas ukuran , seperti desain logo, letterhead, kartun dan sebagainya.

Software yang mendukung untuk desain grafis vektor seperti Adobe Illustrator, Macromedia Freehand, CorelDraw dan sebagainya.

Sumber: astayoga wordpress.com/2009/02/08/apa-itu-desain-vektor.



Info Terkait


Kesan Minimalis Untuk Interior Ruang Tamu






Interior – Ruang tamu merupakan bagian dari rumah yg paling sering terjadi interaksi dgn orang selain penghuni rumah itu sendiri, beberapa priode lalu kebanyakan interior ruang tamu dirancang lebih formal dibanding dgn ruangan lainnya, namun sering berjalannya waktu kini banyak desain interior ruang tamu yg dirancang lebih santai bahkan tuk rumah yg memilki keterbatasn waktu interior ruang tamu sering kali digabungkan dgn ruang keluarga.

Berikut ini beberapa tips tentang desain interior ruang tamu yg kami kutip dari “rumahmalangan.com/2012/01/desain-interior-ruang-tamu-minimalis-tips-for-minimalist-living-room” sebagai berikut ini:


1. Tuk Interior ruang tamu minimalis dgn Hiasan Dinding, tuk masalah perhiasan coba menggunakan barang2 yg sederhana, kuat tetapi juga memiliki nilai hias dan stylist. Tuk tidak meletakkan furnitur apapun ke dalam ruang tamu yg tidak perlu, tidak ada pot-pot tanaman, bertumpu kaki, tabel acak.



2. Tuk interior ruang tamua plus Ruang Nonton, coba gunakan sofa yg simple, namun elegan. Jangan gunakan sofa dgn bantal berwarna warni mencolok, tetap bantal hanya bantal mungil dgn thema yg sama.



3. Selanjutnya Tuk interior ruang tamu, coba gunakan meja berkarakter minimalis, seperti meja kopi, juga harus sederhana dalam desain. Cobalah meja kubus akrilik style yg jelas bagus, atau mungkin beberapa meja yg terbuat dari kaca dan logam.



4. tuk Interior ruang tamu selanjutnya coba Gunakan karpet secukupnya tuk lantai dan dekorasi dinding. Menutupi lantai dgn karpet yg besar memang sangat ideal tetapi dalam desain minimalist, hal ini sangat tidak menguntungkan karena akan membuat ruang tamu serasa tidak cantik dan elegan.


5. tuk interior ruang tamu coba Gunakan warna netral tuk dinding Minimalis, tuk tidak menggunakan warna yg berbeda pada dinding apapun.Berikan dinding Anda tampilan monokrom dgn memilih warna-warna netral yg menenangkan tuk gaya minimalis.



Info terkait:



Jumat, 14 September 2012

Info Maket Terminal Pulo Gebang Jakarta

Maket Terminal - Pembangunan fisik terminal Pulo Gebang masih 80 persen. Pada Oktober 2012, ditargetkan pembangunan fisiknya sudah mencapai 100 persen dan dapat digunakan secara optimal pada akhir tahun. Terminal ini diklaim sebagai yang paling modern di Indonesia.



Dari segi arsitekturnya, dibuat pemisahan antara sirkulasi penumpang yang ada di lantai 1 dan lantai mezzanine dengan kendaran angkutan umum yang ada di lantai 2. Terminal yang menempati lahan seluas 9,08 hektar ini memiliki tiga lantai.


Terminal Pulo Gebang yang mulai dibangun pada tahun 2010 dengan biaya Rp 448.642.675.842. Terminal empat lantai ini akan dijadikan terminal termodern di Indonesia.



Lantai 1 berluas 33.903 m2, digunakan untuk sirkulasi penumpang dengan fasilitas pendukung berupa supermarket, departemen store, big space dan retail. Lantai ini juga dilengkapi dengan loket bus Transjakarta, masjid, ruang locker atau ruang ganti, toilet dan area service.


Lantai Mezzanine yang merupakan lantai penghubung antara Lantai I dan Lantai II, memiliki luas sekitar 10.444 m2. Lantai ini sebagian besar difungsikan untuk aktifitas komersial seperti pertokoan atau shopping mall.


Sedangkan lantai 2, dengan luas sekitar 4.309 meter persegi menjadi area keberangkatan bus antar kota, ruang istirahat awak bus, area kedatangan bus antar kota dan dalam kota, halte keberangkatan bus dalam kota, serta halte kedatangan dan keberangkatan Transjakarta.


Kemudian lantai 3 luas nya sekitar 2.683 m2, difungsikan untuk area foodcourt atau tempat makan yang dilengkapi dengan toilet dan area servis. Dan lantai 4 luasnya sekitar 2.980 m2, difungsikan sebagai area perkantoran pengelola terminal dan kantor perwakilan perusahaan bus.


Nantinya selain bus Transjakarta yang akan masuk ke terminal, ada juga tiga angkutan kota lain yaitu KWK T22 (Pulo Gadung -Gudang Palawad), T25 (Stasiun Cakung – Rawa Mangun) dan T29 (Pulo Gadung- Ujung Krawang)


Info Terkait: Maket Kawasan Industri

Kamis, 13 September 2012

Langkah Aman Membangun Rangka Atap Baja Ringan





Baja Ringan - Pemasangan rangka atap baja ringan sekarang ini memang tengah trend, selain dapat dipakai dalam jangka waktu yg relative lama, tentunya penggunaan atap baja ringan dapat menghemat pemanasan global karena menghemat penebangan pohon sebagai bahan baku utama kayu.

Namun tuk pemasangan atap baja ringan terlebih lagi yg hendak merenovasi atap rumah mereka yg sebelumnya kayu dan digantikan dgn baja ringan, dibutuhkan beberapa pertimbangan dan metode yg aman yg digunakan, berikut ini beberapa metode dan cara pemasangan rangka atap baja ringan yg kami kutip dari okezone.com

Pertama: pastikan kondisi konstruksi atap saat ini, tuk mendapatkan data sampai seberapa jauh konstruksi atap lama masih dapat dipertahankan. Apabila masih bisa dipertahankan konstruksi lama, dimana sebagaian besar kayu masih cukup kokoh maka dapat dilakukan menambah beberapa kayu yg sudash tidak baik dgn kayu baru sebagai penguat, seperti pemasangan kayu gapit.

Apabila sebagian besar kayu sudah keropok dan harus diganti dgn kayu baru, maka kemungkinan akan lebih baik dan murah mengganti konstruksi atap kayu menjadi konstruksi atap baja ringan.

Bila keputusan pada tahap pertama sudah diambil, maka langkah kedua dapat dikerjakan. Merencanakan metoda atau cara dari alternatif pertama yaitu penambahan kayu gapit atau alternatif kedua penggantian rangka atap.

Penambahan dua kayu baru dgn menjempit kanan dan kiri kayu lama selanjutnya diikat menggunakan besi dan dibaut pada kedua kayu baru tersebut. Sehingga beban kayu lama diambil alih oleh kayu baru yg menempel tersebut.

Apabila mengganti dgn konstruksi baja ringan sebagai alternatif kedua, kontraktor baja ringan akan menghitung harga konstruksi baja ringan tersebut. Tentunya sesuai dgn kebutuhan, dgn memperhatikan kualitas baja ringan, luas rumah, dan bentuk rumah. Para kontraktor baja ringan tidak terlalu lama menghitung, nilai dapat langsung diketahui.

Langkah ketiga adalah pekerjaan bongkaran. Risiko pekerjaan ini, terjadi kerusakan pada plafon dan keamanan bagi penghuni, sehingga membutuhan kehati-hatian. Pekerjaan bongkaran tidak terlalu lama, sekitar 2 hari tuk luas rumah sekitar 150 m2.

Langkah keempat adalah install baja ringan dilakukan dgn cepat, dgn lebih dahulu menutup bidang atap menggunakan penutup selebar bidang atap, agar material dan barang yg berada di bawah ruang atap terhindar dari hujan dan menghindarkan dari kerusakan.

Penutup rangka atap dapat menggunakan penutup yg lama atau ganti dgn yg baru. Banyak material penutup atap yg beredar dipasaran, dimana memiliki berat material cukup ringan. Beratnya penutup atap mempengaruhi konstruksi baja ringan yg akan dipasang. Semakin berat penutup atapnya maka akan semakin rapat konstuksi baja ringannya, harganya pun berbeda. Semoga bermanfaat.



Info Terkait:


Membuat Maket Stasiun

Jasa Pembuat Maket - Bagi railways modeller, khususnya pemodel kereta api Indonesia, membuat fitur stasiun kecil yang khas Indonesia mampu menciptakan keunikan tersendiri. Produk pabrikan luar negeri tentu berbeda konsep jika dipakai di model perkeretaapian Indonesia.



Bahan yang bisa dipakai dalam maket stasiun, dan mudah dijumpai:

-Kertas karton papan (carton board) 2mm

-Lem FOX atau yang semacamnya

-Cat air atau cat tembok

-Desain tekstur: tembok batu, genting. Bisa diunduh di: www.cgitextures.com


Sketsa sederhana berskala:




(sumber:cgitextures.com)

Info Terkait : Maket Property

Rabu, 12 September 2012

Rencana & Maket Bandara Soekarno Hatta

Maket Bandara - Mudah-mudahan rencana ini bukan sekedar proyek di atas kertas seperti yang lalu-lalu, tapi sebenarnya tidak realistis.

Pemerintah melalui PT Angkasa Pura II baru saja meresmikan pengembangan Bandara Soekarno-Hatta sehingga memiliki kapasitas maksimal hingga sekitar 60 juta penumpang per tahun.


http://1.bp.blogspot.com/_yczvgnkKPO8/TOOdrm7_YmI/AAAAAAAAAE0/5Ah-gevyNJU/s1600/07.jpg

Rencana itu belum terealisasi, kini pemerintah menggaungkan pembangunan Bandara Kertajati di Kabupaten Karawang.

Wamenhub Bambang Soesantono, kemarin, Rabu (29/8/2012) menyebutkan, bandara itu akan sekelas Bandara Soetta namun dengan kapasitas lebih besar, mencapai 100 juta penumpang.

Tak hanya itu, ternyata, Pemda DKI Jakarta pun tengah mengembangkan rencana pengembangan bandara di Kepulauan Seribu.

Sebenarnya, di Jakarta sendiri, masih ada dua bandara yang selama ini sering digunakan untuk keperluan penerbangan sipil. Yakni, Bandara Halim Perdanakusuma dan Bandara Pondok Cabe. Di wilayah Banten masih ada bandara Budiaro di kawasan Sekolah Penerbangan Curug yang juga diusulkan pemda setempat untuk dikembangkan.

Tidak jauh dari Jakarta, ada Bandara Husein Sastranegara yang juga akan punya saudara baru, Bandara Kertapati di Majalengka.

Dengan hadirnya bandara-bandara baru itu, kata Bambang, maka total kapasitas penumpang per tahun mencapai 200 juta, di luar Bandara Halim Perdanakusuma. Dengan itu, Jakarta akan menjadi jaringan bandara terbesar di Asean.

Ibukota tampaknya akan dijejali bandara.

Info Terkait: Bikin Maket

Selasa, 11 September 2012

Maket Kampus dari Buku Tulis

Masa orientasi mahasiswa baru (maba) tak hanya dihiasi dengan aksi perploncoan dan aksi sok jagoan para senior. Di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya, masa orientasi pengenalan kampus (ospek) dikemas dengan cara unik.

Mereka membuat maket kampus massa ITS dari buku tulis di Taman Alumni, Kampus ITS Sukolilo, Surabaya. Maket massa ini merupakan simulasi total (simtot) dari seluruh aspek materi Generasi Integralistik (Gerigi) ITS. Setiap maba membawa dua buah buku tulis yang dibungkus kertas cokelat. Karena maba ITS 2012 berjumlah 4.500 orang, sehingga ada sekira 9.000 buku tulis kosong.















Buku tersebut disusun sesuai kode yang diberi oleh panitia dan ditumpuk pada area di atas vinyl berukuran 10 meter x 10 meter. "Vinyl itu bergambarkan peta kampus ITS Sukolilo dan Manyar yang berskala 1 : 108," kata Koordinator SC Nanda Tito P, kemarin.

Tito menambahkan, tumpukan buku tersebut merupakan massa bangunan yang ada di ITS Surabaya. Setelah terbentuk bangunan maka akan diberi atap yang juga terbuat dari buku. Apabila telah terbentuk bangunan yang lengkap, mahasiswa baru dapat menghias bagian atapnya dengan miniatur pohon yang nantinya akan mereka buat sendiri dari plastisin. Dan untuk itu, digunakan bahan buku tulis sejumlah 9.000 baik untuk bangunan dan atapnya.

Usai dibuat maket bangunan, bahan itu tidak dibiarkan begitu saja. Usai acara Simulasi Total, buku tersebut disumbangkan kepada mereka yang membutuhkan. Antara lain disumbangkan ke panti asuhan, anak jalanan dan lain-lain. "Kami berharap kegiatan ini dapat memupuk rasa kepedulian dan solidaritas kepada sesama," tambah Ketua Pelaksana Himawan R Auditiardy.

Himawan juga berharap, kegiatan ini mampu menjadi pembangkit semangat bagi seluruh citivas akademika ITS. Gerigi ITS digelar pada 7-9 September 2012 di kampus ITS. Dan kemarin merupakan acara pamungkas dalam pelaksanaan Gerigi ITS.

"Dengan seperti ini, peserta lebih antusias," tambah panitia lainnya Dean Ruditya.
Sementara itu, salah satu maba ITS Alfan mengungkap, dia sangat senang dengan kegiatan semacam ini. Apalagi, untuk pembelajaran pengenalan kampus dibuat dengan cara yang unik. "Jadi tidak membosankan," terangnya.