Selasa, 08 Maret 2011

Menyatukan Kantor yg Efisien Di Rumah


Jasa Arsitek Rumah - Merancang kantor di rumah merupakan trik jitu untuk menghindari jalanan macet dan padat seperti yg kerap terjadi di Jakarta. Bagaimana menatanya agar efektif dan efisien?

Dewasa ini merancang kantor di rumah sudah menjadi bagian dari tren. Alasannya, selain untuk menghindari macet, trik ini terbilang lebih efektif dan efisien karena memudahkan segala sesuatu yg ingin dilakukan sesuai minat walaupun sekitar rumah bukanlah area bisnis. Lebih dari itu, memindahkan kantor ke dalam hunian juga merupakan cara jitu yg menguntungkan.

Menurut jasa arsitek rumah Briyan Talaosa, konsep tersebut sering disebut small office home office (SOHO), yg bisa diartikan sebagai sebuah bidang usaha kecil yg masih dapat dijalankan dari rumah atau produknya boleh kita sebut hasil home industry.

Mengenai perancangannya, Briyan sang jasa arsitek rumah mengatakan, sama halnya dgn merencanakan ruang-ruang di dalam rumah. Namun, yg perlu Anda pertimbangkan adalah bentuk dari kegiatan yg dilakukan pada ruang tersebut.

Dalam arti, sang jasa arsitek rumah menyebutkan, setiap kegiatan pasti menunjukkan suatu fungsi yg berbeda di dalam ruang sehingga faktor ini juga yg nantinya menjadi penentu flow dan bentuk furnitur serta aksesori yg akan Anda gunakan di ruang kerja tersebut.

Selain itu, jumlah orang yg berkegiatan pun menentukan rancangan sebuah kantor di dalam rumah. Maksudnya, menurut sang jasa arsitek rumah, apakah desain yg Anda buat, kapasitasnya sudah sesuai dgn jumlah orang yg akan beraktivitas di ruang itu?

Tiap kali Anda merancang ruangan, kata-kata seperti sirkulasi selalu dimunculkan sebagai bagian penting dalam mendesain. Sebab, sirkulasi bakal menentukan seseorang itu nyaman atau tidak berada di ruang tersebut. Sirkulasi bisa berarti sirkulasi gerak si penghuni, cahaya, maupun udara.

Ambil contoh, karena tidak tersedia ruang cadangan, Anda harus memanfaatkan garasi sebagai sarana pekerjaan. Untuk itu, jumlah bukaan dan berapa banyak udara yg masuk penting untuk dipertimbangkan.

Mengenai pembagiannya, sebaiknya mulailah memilih ruangan yg cocok untuk dijadikan kantor atau tempat usaha. Bagilah sesuai fungsinya. Ruang untuk publik dan ruang keluarga, misalnya. Usaha restoran biasanya menggunakan garasi atau carport.

Upayakan restoran berdampingan dgn dapur rumah supaya dapat mendukung pekerjaan di restoran, seperti mencuci piring dan memasak makanan. Untuk ruang kantor, desainlah menurut kepentingan kantor. Ada properti pendukung seperti komputer, meja kantor, dan bangkunya.

Sumber: lifestyle.okezone.com

Temukan Info Lain Seputar Jasa Arsitek

Tidak ada komentar:

Posting Komentar