1. Sebelum anda mendesain logo, pikirkanlah beberapa kata-kata kunci (keyword) yang mempu mereprentasikan/mewakili perusahaan anda. Pikirkan tentang sebuah gambar yang pertama melintas di benak anda dari kata-kata kunci tadi, misalnya teamwork=gambar jabat tangan, learning=buku, dsb. Jika memungkinkan, tanyakan pada rekan-rekan anda tentang kata-kata kunci tadi agar dapat memeprbanyak pilihan dan padan kata.
2. Carilah pada gambar clipart yang sekiranya paling dekat mewakili atau sesuai dengan kata kunci anda. Jika anda memiliki bakat sketsa, anda bisa menuangkan sendiri dalam beberapa sketsa desain logo perusahaan. Cetaklah beberapa alternatif gambar tersebut secara terpisah, sehingga anda bisa mengamatinya secara bersamaan. Cetakan-cetakan (print out) ini bukanlah desain logo anda melainkan hanya gambar yang mewakili ide-ide anda, representasi dari kata-kata kunci tadi.
3. Desain logo perusahaan memang membutuhkan proses yang tidak cepat. Semakin banyak sentuhan anda, semakin tepat desainlogo anda. Ambilah contoh logo dari perusahaan-perusahaan yang sejenis dengan perusahaan anda. Yang mana yang anda sukai? Apakah ada gambar yang menarik anda? Logo perusahaan mana yang lebih mampu bercerita banyak? Mana yang lebih mengesankan?
4. Untuk memperkaya khasanah anda tentang gambar-gambar yang mampu mewakili keyword, anda bisa browse melalui internet. Carilah yang paling mendekati karakter perusahaan anda dan sekaligus unique.
5. Persempit pilihan anda kepada bebarapa gambar yang telah anda seleksi –yang sesuai dengan keyword dan mampu mewakili perusahaan anda. Cek ulang hasil penyaringan tersebut, dengan menyampaikan ke beberapa orang/rekan anda–yang memahami desain. Tanyakan tentang apa yang ada di benak mereka ketika melihat gambar-gambar tersebut untuk pertama kalinya. Sebagian gambar mungkin akan bermakna negatif bagi mereka.
6. Kombinasikan gambar-gambar fovarit anda –hasil seleksi- untuk mencipatkan desainlogo hasil olahan anda pribadi. Pertimbangkan komposisinya apabila ditempatkan pada business card. Desainlogo perusahaan yang terlalu komplek justru tidak terlalu bagus dan tidak terlalu mengesankan customer
Tidak ada komentar:
Posting Komentar