Senin, 26 Oktober 2009

9 Tips Mudah Merawat Koleksi Baju



Percuma saja Anda punya banyak Koleksi Baju, jika Anda tidak tahu cara merawatnya. Baju mahal dan berkualitas baik sekalipun, akan cepat mudah rusak dan pudar warnya bila tidak dirawat dengan benar. Sangat disayangkan, jika Anda harus mengeluarkan banyak uang tiap bulannya, hanya untuk membeli beberapa koleksi baju baru. Anda bisa memperpanjang usia Koleksi baju sekaligus menghemat uang dengan mengikuti beberapa panduan berikut :

1. Saat mencuci pakaian, baca dan ikuti petunjuk pencucian pakaian yang tertera pada label. Hindari mencuci pakaian dari rayon wol dan sutera dengan menggunakan air panas. Mencuci secara tepat dan benar, dapat memperpanjang usia koleksi baju. Namun jika mencucinya terlalu sering, pakaian akan lebih cepat rusak. Karena itu, jika pakaian tidak terlalu kotor dan bau, cukup digantung dan diangin-anginkan saja.

2. Pilihlah jenis hanger (gantungan baju) dengan kualitas terbaik. Jangan menggunakan hanger terbuat dari bahan kawat karena bisa merusak bentuk asli koleksi baju.

3. Segera perbaiki bila kondisi pakaian terlihat rusak. Misalnya, menjahit kancing baju yang terlepas. Untuk memperbaiki risleting yang macet, Anda bisa menggosokan lilin beberapa kali di sepanjang jalurnya, baik dibagian dalam atau luar.

4. Bersihkan koleksi baju yang terkena noda tinta sesegera mungkin. Rendam pakaian dalam cairan susu selama 1 jam. Lalu oleskan cuka putih yang telah dicampur kanji tepung jagung pada bagian yang terkena noda. Setelah campuran tersebut mengering, cuci pakaian hingga bersih.

5. Jika Anda memiliki koleksi baju yang memunculkan bulu-bulu halus, saat mencuci pisahkan jenis pakaian ini dengan yang lainnya. Bulu-bulu ini dapat mengenai dan menempel pada busana lainnya.

6. Simpan pakaian lama yang jarang dikenakan dalam sebuah kotak plastik kedap suara dan air. Ini untuk mencegah masuknya serangga yang dapat merusak baju. Keluarkan koleksi baju tersebut sesekali waktu, lalu gantung dan angin-anginkan untuk mempertahankan bentuk pakaian dan sekaligus menghindari dari kelembaban.

7. Jangan gantung koleksi baju Anda yang terbuat dari wol atau bahan rajutan. Simpan dengan cara melipatnya. Bersihkan pakaian ini setiap kali selesai dikenakan dengan menyikatnya secara perlahan menggunakan sikat berujung halus agar serat wol tidak rusak.

8. Hindari penggunaan pemutih pada pakaian Anda yang terbuat dari bahan spandex (kain elastis). Selain dapat mengubah warna asli, juga dapat mengurangi daya tahan kain, sehingga mudah robek. Jangan pula mencucinya dengan air panas karena akan merusak bahan.

9. Pakaian yang terbuat dari bahan jeans selalu menjadi busana favorit. Agar tetap dalam kondisi yang baik dan tetap awet, cuci bahan jeans Anda dengan cara membalik bagian dalam bahan ke luar. Gunakan air air dingin untuk membilasnya untuk menjaga warna dan bentuk pakaian. conectique.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar