Kamis, 02 Desember 2010

Tinggalkan Etiket Kuno dalam Berbusana


Berikut etiket kuno dalam berbusana yang boleh saja Anda tinggalkan. Temukan cara baru berbusana yang lebih menyesuaikan dengan kebutuhannya:

Busana Makan Malam

Etiket lama berkata, gunakanlah dress mini hitam dan sepatu hak tinggi. Gaya baru berkata lain, sebaiknya sesuaikan busana dengan konsep acara makan malam.

Cara memilih busana yang tepat adalah dengan menjawab beberapa pertanyaan ini

* Seperti apa tren busana tahun ini?

* Siapa yang mengundang Anda dan seperti apa konsep acaranya?

* Pastikan apakah acara tersebut formal atau tidak?

Pemilihan busana dan desain baju yang tak sesuai dengan tema acara tak hanya akan membuat Anda malu, namun bisa saja menyinggung si pemilik acara.

Busana pesta pernikahan

Etiket kuno mengatakan jangan gunakan busana pesta berwarna putih, hitam, atau merah. Hhm, busana putih masih bisa diterima, karena kencenderungannya, warna putih identik dengan busana pengantin. Anda tentu tak ingin bersaing dengan si empunya hajat bukan?Namun tak ada yang bisa melarang Anda menggunakan busana pesta warna hitam atau merah. Sekali lagi, cari tahu konsep acara hingga tema warna yang diusung pemangku hajat. Jika warna dominan yang digunakan adalah merah, sebaiknya Anda menggunakan warna lain. Kecuali jika Anda diminta menjadi panitia dengan mengenakan baju yang seragam, model dan warnanya.

Busana saat menghadiri pemakaman

Menghadiri pemakaman tak melulu identik dengan busana berwarna hitam. Pilihlah warna gelap yang netral seperti coklat, hijau tua, kata pakar etiket Leah Ingram.Aksesoris juga boleh saja digunakan. Pilih aksesoris yang berkesan sederhana dan klasik seperti mutiara atau giwang.

Acara seni

Tak sulit memilih busana untuk acara seni budaya, apalagi jika konteksnya di Indonesia. Batik dengan ragam pilihan model dan warna cocok untuk menghadiri undangan kegiatan seni dan budaya. Ragam pilihan busana tradisional dengan desain lebih modern juga tepat menjadi pilihan.

Kencan pertama atau perkenalan keluarga

Aturan tradisionalnya adalah Anda harus menggunakan rok dan bergaya feminin. Kini, gaya konservatif bisa digantikan dengan ragam model busana yang lebih merepresentasikan diri Anda."Prinsipnya pakailah pakaian yang membuat Anda nyaman dan menunjukkan karakter Anda," kata fashion stylist Joseph Williamson.Kesan pertama begitu penting dalam pertemuan yang sangat personal ini. Baik bertemu kekasih baru atau calon mertua. Jadi, sebaiknya hindari model baju yang terlalu ketat atau terlalu pendek.

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar